Kronologi Dari Menit Ke Menit Sejak Bencana Gempa dan tsunami Jepang Jum'at 18.32 sampai Hari Ini !

Kronologi Bencana Gempa dan Tsunami di Jepang dan Dampak yang ditimbulkan pada daerah di sekitar Jepang (Urutan Waktu dari yang Paling Baru Ke paling Lama ) (Baca Dari Halaman Paling bawah)


Sebuah kapal kandas di Kota Kamaishi, Iwate, oleh tsunami yang mengikuti gempa Jepang [Gambar: Reuters]

waktu lokal di Jepang GMT +9

  • 5:00

    Itu saja untuk liveblog ini - staf teknis kami mengatakan bahwa kita baru saja mendapat berita terlalu banyak untuk banyak browserYANG MEMBICARAKAN TENTANG HAL ini. Jadi kita beralih ke sebuah merek baru, liveblog segar untuk Maret 13 . Pastikan Anda selalu up to date, untuk berkunjung ke sini . Terima kasih untuk membaca.

  • 4:00am

    Ribuan pengungsi yang bergabung menghabiskan malam kedua di penampungan jauh dari rumah. Orang-orang ini telah dianjurkan untuk pindah dari rumah mereka dekat reaktor Fukushima-yang mengalami kebocoran radiasi nuklir.

    File 13936

  • 3:37am

    Ritsuko Allen, telah kembali berhubungan dengan Al Jazeera D. Parvaz, memberitahu kita bahwa upaya konservasi air dan energi sudah dimulai. Dia mengatakan:

    Beberapa bagian dari Jepang sudah mulai rotasi kekuatan yang gagal ... setiap tempat akan memiliki 3 jam aliran energi yang bertujuan untuk menghemat energi.

  • 3:29am

    Sekitar 300 rumah telah hancur di kota pelabuhan Peru Pisco, ketika sebuah gelombang laut yang disebabkan oleh gelombang tsunami membanjiri alun-alun kota. Sekitar 400 orang yang menghabiskan malam di tenda-tenda setelah kehancuran, kata walikota kota tersebut.

  • 3:20am

    Yen sudah mulai pulih dari kejatuhan nilai sebelumnya, dengan meningkatnya permintaan untuk mata uang dilihat pada pasar uang internasional, kata Associated Press.

    Setengah jam yang lalu, Bank of Japan mengatakan untuk menanggulangi kekhawatiran pasar dengan menyuntikkan dana sebesar 2 trilliun yen, selama dua hari.

  • 3:18

    berita meyakinkan dari PBB - resiko dari kebocoran radiasi Jepang tampaknya "mungkin cukup rendah". Organisasi Kesehatan Dunia's Gregory Hartl berkata:

    Pada saat ini tampaknya menjadi kasus bahwa risiko kesehatan masyarakat mungkin cukup rendah. Kami memahami radiasi yang telah lolos dari reaktor sangat kecil jumlahnya.

  • 3:00am

    Setiap pencemaran radioaktif dari ledakan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima kemungkinan akan berhembus ke atas Samudra Pasifik, untungnya arah angin menguntungkan,kata Badan Nuklir Perancis.

  • 2:51am

    Bank of Japan bertujuan untuk "memudahkan kegelisahan keuangan" dengan menyuntikan dana besar ke pasar uang - memasok 2trillion yen (US $ 24.4billion) per hari, selama dua hari berturut-turut.

    BoJ mengatakan akan "melakukan yang terbaik untuk memastikan stabilitas pasar keuangan", merapikan penyelesaian dana dan penyediaan likuiditas.

  • 2:30am

    Reuters mengatakan jalan-jalan biasanya ramai Tokyo malam ini kosong, dengan sedikit orang yang di dalam bar dan restoran terpaku pada layar TV. Kasumi, 26, berkata:

    Bahkan di bar kami terus mengikuti berita. Aku menatap tsunami menelan rumah-rumah dan tampaknya seperti sebuah film.Aku tinggal sendirian, jadi ketika aku pulang ke rumah, aku takut.

    Others took to Facebook after some 800,000 phone lines were cut, putting extra pressure on the remaining communications infrastructure. Orang - orang banyak beralih ke Facebook setelah sekitar 800.000 saluran telepon terputus, menempatkan tekanan ekstra pada infrastruktur komunikasi yang tersisa. Seorang pekerja kantor 23 tahun dari Tokyo posting:

    Pulang kembali jam 8 pagi setelah malam yang menyedihkan ... Kini, pembangkit listrik tenaga nuklir telah meledak dan kita mungkin sudah terkena radioaktivitas.

    Aku tidak tahu apa yang harus dilakukan, apa yang akan terjadi berikutnya, dan besok akankah saya masih hidup?

  • 2:05am

    Pejabat memeriksa penduduk daerah sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima untuk mendeteksi tanda-tanda keracunan radiasi.

    File 13916

  • 1:59am

    Al Jazeera D. Parvaz memberi kita gagasan tentang skala apa yang perlu diperbaiki, memberitahu kami:

    media Jepang melaporkan bahwa di Aomori, Iwate, Akita, Miyagi, Fukushima dan Ibaragi prefektur, rumah tangga sekitar 4.4 juta rumah tidak memiliki listrik dengan 445.000 rumah dengan saluran gas yang mati.

    Pihak berwenang mengatakan bahwa mereka akan memerlukan antara 10 - 14 hari untuk memperbaiki kerusakan ini. Selain itu, sebanyak 1.4million rumah tangga yang dilaporkan tanpa air. Truk Air dikerahkan untuk membantu mengatasi situasi ini, dan - pada Sabtu malam, 810.300 saluran telepon terputus.

    Dr Teruhiko Sato - spesialis pernafasan di Tokyo Juntendo University Hospital, yang menjalankan perawatan pasien rawat jalan klinik dari rumah sakit kota Warabi 130 tempat tidur di prefektur Saitama, 17km dari pusat Tokyo - sangat peduli tentang efek cuaca dingin yang mungkin berdampak pada penduduk yang sudah dalam kondisi rapuh di daerah bencana. Dia mengatakan:

    Tohoku, di pantai utara-timur Jepang, di mana istri dan keluarga saya tinggal belum mampu saya jangkau, adalah area dingin dari Jepang, dan itu sebenarnya lebih dingin dari tahun rata-rata,

    Tak perlu dikatakan, mengambil langkah-langkah terhadap dingin sangat penting, karena kondisi dingin mempengaruhi banyak penyakit menular, terutama flu masih dalam musim dan perawatan intensif ,untuk anak-anak harus diprioritaskan.


    Istrinya adalah seorang dokter anak yang bekerja untuk rumah sakit pemerintah nasional. Dia mengatakan beberapa rekannya telah dikerahkan ke daerah-daerah. Dia berada di klinik ketika gempa melanda.

    Dalam perjalanan ke ruang konsultasi, saya menemukan seorang pria rawat inap tiba-tiba sakit selama evakuasi, dan aku memberinya resusitasi cardiopulmonary.

    Untungnya, resusitasi berhasil.

  • 1:44am

    warga Fukushima memberitahu penyiaran publik Jepang tentang ketakutan mereka. Ryuichi Kikuchi, seorang pekerja pabrik 24 tahun, mengatakan:

    Para pejabat mengatakan 10km atau 20km jarak aman - tetapi radiasi bisa berubah dan keluar ke area yang lebih luas. Ini sangat mengganggu. Tidak ada cara untuk keluar dari sini.

    Sementara itu, pengendara 42 tahun Noboru Uehara berkata:

    Saya pikir aman saat ini, tetapi saya khawatir bahwa radiasi mungkin sudah mencapai kami.

  • 1:33am

    Setelah bencana gempa bumi di lepas pantai utara-timur Jepang merusak sistem pendingin reaktor beberapa fasilitas nuklir Fukushima, sebuah ledakan besar tampaknya telah ditiupkan dinding luar dan atap dari salah satu bangunan reaktor.

    Al Jazeera Sonia Gallego laporan tentang apa artinya ini untuk keselamatan reaktor - dan dari ribuan orang yang tinggal di dekatnya. Saksikan rekaman ledakan, dan penjelasan tentang apa yang terjadi - dan mungkin terjadi selanjutnya - di bawah ini.

  • 1:21am

    Pembuat mobil Toyota menghentikan produksi di semua 12 pabrik di seluruh Jepang. produsen motor lain juga terkena, termasuk Honda - di mana satu pekerja tewas kemarin oleh dinding runtuh.

  • 1:03am

    pejabat Jepang membantah krisis nuklir yang sedang berlangsung di pabrik Fukushima nuklir adalah serius seperti kecelakaan 1979 dimana Tiga Pulau Mile atau bencana Chernobyl 1986.

    kata badan keselamatan nuklir Jepang berdasar sekala kebocoran radiasi Nuklir : tingkat kebocoran di Fukushima itu empat, . Three Mile Island itu lima, sedangkan Chernobyl adalah tujuh.

  • 12:57am

    peringatan tsunami kini telah dibatalkan di Amerika. Sepasang tim pencarian dan penyelamatan - masing-masing dari Los Angeles dan Washington DC - sedang dalam perjalanan mereka untuk bergabung dengan operasi penyelamatan.

    Militer AS di Jepang terus memobilisasi orang dan peralatan untuk membantu pemerintah daerah.

  • 12:45am

    Al Jazeera Steff Gaulter menunjukkan kepada kita diagram, yang menunjukkan peringatan yang tersisa di tempat, setelah tujuh gempa susulan - masing-masing berukuran di atas 5 pada skala Richter - sekarang bergerak melalui Jepang sejak jam 12 GMT Sabtu.

    area yang ditandai dalam gelombang tsunami oranye menghadapi potensi hingga 2m - sementara, jika bencana tsunami lebih lanjut bergerak - yang ditandai dengan gambar kuning adalah tsunami setengah meter.

    File 13896

    Kemarin , kami melaporkan bahwa pulau-dataran rendah di Pasifik Selatan mengalami gelombang 66cm, yang membanjiri rumah-rumah. Namun Steff menjelaskan bahwa gelombang 50cm di Tokyo akan menyebabkan perhatian jauh lebih sedikit daripada di Tonga, karena perbedaan topografi dan infrastruktur.

  • 12:22am

    dengan pasar energi, perusahaan minyak negara Ekuador Petroecuador mengatakan itu adalah mengangkat pencegahan force majeure itu dideklarasikan pada ekspor minyak, setelah peringatan tsunami di pantai barat.

    Kemarin, saham perusahaan baja Brasil Usiminas melonjak - sebagai spekulator melakukan investasi yang besar dengan harapan meningkatnya ekspor seperti ke Jepang untuk membangun kembali infrastruktur yang hancur.

    Setelah satu pabrik baja yang dimiliki oleh Sumitomo Metal terbakar, pedagang mengharapkan mayoritas Sumitomo shaeholder Nippon Steel untuk mengimpor produk Usiminas.Gustavo Brunetto, seorang pedagang dengan solidus Corretora, mengatakan:

    Peristiwa ini dapat meningkatkan penjualan Usiminas 'ke Jepang.

    Sementara itu, korban meninggal resmi dari bencana terus meningkat dan puluhan ribu masih belum ditemukan.

  • 12:14am

    Vladimir Putin, perdana menteri Rusia, mengatakan proyek Sakhalin II - lepas pantai timur Rusia - akan meningkatkan pasokan gas alam cair ke Jepang diperlukan.

    harga LNG telah disesuaikan sejak dua bencana yang menghancurkan Jepang utara-timur, sebagai peluang mata investor untuk menjual sumber energi ke Jepang sebagai upaya penyelamatan dan pemulihan terus berlanjut.

  • 23:59

    Steff Gaulter, meteorologi senior Al Jazeera, menunjukkan gambar satelit dari pantai Jepang utara-timur, menunjukkan bagaimana garis pantai telah bergeser secara signifikan pedalaman.

    Sebelum:

    File 13846

    Sesudah

    File 13866

    [Gambar: NASA / Al Jazeera]

  • 23:43

    Konfederasi Sepak Bola Asia menunda pertandingan Liga Champions di Jepang tengah kehancuran yang disebabkan oleh bencana .

  • 23:32

    Ekonomi Jepang tumbuh hampir empat persen tahun lalu, kinerja terbaik dalam dua dekade. Namun gempa bumi yang melanda negara itu pada Jumat kemungkinan memiliki efek yang banyak merugikan pada keuangan negara. Laporan Al Jazeera Azhar Sukri

  • 23:25

    Al Jazeera Taymoor Nabili, pelaporan dari Jepang, mengatakan kepada kita bahwa lebih dari 215.000 jiwa menghabiskan malam kedua di penampungan, tidak dapat kembali ke rumah.Sekitar 50.000 tentara Jepang telah dikerahkan untuk membantu dalam upaya bantuan.

  • 22:59

    Dari 90 orang dari dalam zona eksklusi 10 km di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima diuji, 3 orang dinyatakan positif terkena radiasi, kata Stasiun televisi Jepang NHK publik. Itu lebih dari tiga persen

    Beberapa 45.000 orang yang tinggal dalam radius 10 km diperintahkan untuk mengevakuasi rumah mereka di jam-jam awal pagi ini, ketika tekanan di dalam reaktor sedang naik dengan cepat.

  • 22:54

    pemerintah Jepang yang membuat rencana untuk mendistribusikan yodium kepada penduduk di dekat pabrik Fukushima nuklir. Hal ini membantu melindungi terhadap keracunan radiasi dari kelenjar tiroid.

  • 22:49

    Sebanyak 10.000 orang masih belum ditemukan di kota pelabuhan Minamisanriku - total populasi 17.000 - pada gempa yang menghantam kota Miyagi , kata siaran Jepang NHK .

  • 22:39

    Polisi mengenakan masker pernafasan saat patroli di dekat pabrik nuklir Fukushima

    File 13816

    [Gambar: Reuters]

  • 22:29

    Operator pembangkit listrik nuklir Fukushima, Tokyo Electric Power Co, akan mengisi reaktor bocor dengan air laut untuk mendinginkan turun dan mengurangi tekanan pada unit, juru bicara pemerintah mengatakan. Sekretaris Kabinet Yukio Edano berkata:

    Reaktor nuklir dikelilingi oleh wadah reaktor baja, yang kemudian dikelilingi oleh bangunan beton.

    Gedung beton runtuh. Kami menemukan bahwa di dalam wadah reaktor tidak meledak.

    Pihak berwenang sebelumnya memperingatkan krisis reaktor pada reaktor, rusak saat gempa bumi yang dahsyat dan tsunami melanda pantai timur laut, namun mengatakan resiko kontaminasi radiasi kecil.

    Kami telah mengkonfirmasi bahwa wadah reaktor tidak rusak. Ledakan tidak terjadi di dalam wadah reaktor. Dengan demikian tidak ada sejumlah besar kebocoran radiasi luar.

    Pada titik ini, belum ada perubahan besar dengan tingkat kebocoran radiasi di luar, jadi kami ingin semua orang untuk merespon dengan tenang.

    Kami telah memutuskan untuk mengisi wadah reaktor dengan air laut. Menteri Perdagangan Kaieda telah menginstruksikan kita untuk melakukannya. Dengan melakukan ini, kita akan menggunakan asam borat untuk mencegah kekritisan.

    Diharapkan untuk mengambil antara lima dan sepuluh jam untuk mengisi teras reaktor dengan air laut - dan sekitar sepuluh hari untuk menyelesaikan proses.

    Edano mengatakan karena tingkat jatuh pendingin air, hidrogen dihasilkan dan yang bocor ke ruang antara bangunan dan wadah dan ledakan terjadi ketika hidrogen bercampur dengan oksigen di sana.

  • 22:23

    Tekanan di dalam reaktor lain di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima - di mana lima reaktor yang sebelumnya di bawah keadaan darurat - telah mengurangi, laporan kantor berita AP.

  • 22:21

    Dengan zona evakuasi diperpanjang hingga radius 20km sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima, dan dilaporkan wartawan tidak diperbolehkan dalam perimeter 60km, Perdana Menteri Jepang Naoto Kan mendesak masyarakat untuk tetap tenang, dan mengatakan kepada wartawan:

    Dengan mengambil tindakan tegas, kami akan melakukan yang terbaik dan bahkan tidak satu orang menderita masalah kesehatan ... Dari lubuk hati saya, saya ingin semua orang untuk mendengarkan pemerintah dan laporan media dan bertindak tenang.

  • 22:10

    John Large:

    Semua potongan teka-teki bencana Pulau Three Mile direplikasi di pabrik ini - dan ini telah melampaui Three Mile Island.

    Pada akhir hari ini, kita harus tahu apa situasinya sebenarnya.

  • 22:09

    Independent nuclear safety analyst John Large mengatakan pada Al Jazeera bahwa, dengan ventilasi uap radioaktif dari reaktor kubah bagian dalam ke luar, reaksi mungkin terjadi, dan menyebabkan ledakan.

    Ketika saya melihat ukuran ledakan, itu adalah pendapat saya bahwa mungkin ada kebocoran yang sangat besar ... bahan bakar nuklir akan terus menghasilkan panas.

  • 22:00

    Lebih lanjut tentang ledakan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima.Radiasi bocor dari reaktor yang rusak - setelah ledakan meniup atap dari fasilitas, Reuters melaporkan sebelumnya, Tapi operator pabrik mengatakan mereka wadah reaktor kunci tidak rusak dalam ledakan itu.

  • Dan sekretaris kabinet Jepang mengatakan bahwa tingkat radiasi di luar pabrik telah turun dari tingkat sebelumnya, yang melonjak karena tekanan di dalam reaktor dibangun.

  • 09:18

    Reuters melaporkan bahwa gelombang tsunami telah menewaskan sedikitnya satu orang di Amerika Serikat. Kantor berita mengutip para pejabat mengatakan seorang pria 25 tahun itu dikonfirmasi tewas California Del Norte County setelah lonjakan gelombang 2,4 meter mendarat di pantai California dan Oregon.

  • 08:34

    Selama dekade terakhir, pemerintah Jepang telah mengambil banyak tindakan untuk memastikan orang dan infrastruktur siap ketika datang gempa bumi. Setiap tahun lembaga militer, pemerintah melakukan simulasi darurat bencana dari usia dini, warga mempelajari apa yang harus mereka lakukan ketika guncangan terjadi.

  • 07:56

    Pat McDonnell,Pria Amrika yang tinggal di Chiba, di luar Tokyo, mengatakan pada Al Jazeera D. Parvaz tentang pasca gempa kemarin.Seperti ribuan orang lainnya, ia terjebak di Tokyo setelah angkutan umum dihentikan.

    Sejauh kerusakan berjalan; kantor kami baik-baik saja.Kami mendengar sebuah bangunan runtuh di dekatnya dan salah satu rekan kerja saya naik sepeda motor dan mengeceknya.Dia mengatakan mereka menarik orang keluar dan menempatkan mereka dalam ambulans.

    "Beberapa tidak tampak bagus dan beberapa mungkin telah mati Kita juga bisa melihat asap yang kita dengar itu berasal dari Odaiba di mana semua stasiun TV utama Jepang.. Akhirnya, hari ini dalam perjalanan pulang di kereta saya bisa melihat asap dekat teluk Tokyo yang berasal dari kilang minyak milik cosmos.

    "Biasanya diperlukan waktu satu jam dan 30 menit untuk pulang-pergi. Aku baru pulang sekitar satu jam yang lalu. Jadi, aku butuh 26 jam untuk mencoba. sampai ke rumah dengan menggunakan kereta api, bus, dan aku bahkan taksi, tetapi hanya taksi yang berjalan, mereka menjadi penuh atau reserved sangat cepat di jalan-jalan Tokyo . "

    File 13791
    McDonnell akhirnya berhasil mendapatkan kereta ke Chiba dari Tokyo hari ini, setelah 26 jam

  • 07:47

    Pemerintah telah memperluas daerah evakuasi sekitar pabrik Fukushima Daiichi nuklir dalam radius 20km dari 10km, setelah ledakan. Sedikitnya 45.000 orang telah dievakuasi.

    Konsekuensi dari ledakan di pabrik nuklir masih belum jelas dampaknya.

    Ian Hore-Lacy, direktur komunikasi di World Nuclear Association, sebuah badan industri berbasis di London, kepada Reuters ia yakin ledakan itu disebabkan hidrogen yang terbakar, dan menambahkan hal itu belum tentu menyebabkan kebocoran radiasi.

    "Ini jelas merupakan ledakan hidrogen ... karena membakar hidrogen ... Jika hidrogen telah dinyalakan, maka itu hilang, itu tidak menimbulkan ancaman lebih lanjut," katanya.

  • 07:39

    Angkatan Pertahanan Jepang mengatakan tentara telah menemukan 300 hingga 400 mayat di kota pesisir Rikuzentakata, yang hampir hancur karena tsunami besar, menurut NHK

  • 06:45

    Video 2 menit ini diposting di YouTube oleh mossan0001 menunjukkan barang2 jatuh dari rak selama gempa panjang hari jumat.

  • Menunjukkan betapa orang Jepang terbiasa dengan gempa , para pegawai mencoba untuk mencegah produk jatuh dan bukannya berlindung.

  • 06:37

    TEPCO, operator pabrik Fukushima, mengatakan ledakan di sana terjadi selama gempa susulan untuk gempa Jumat.

    Sekretaris Kabinet Yukio Edano mengatakan pemerintah mengambil langkah-langkah kontingensi dan mengumpulkan yodium, digunakan melawan penyakit radiasi, seperti para pejabat mengatakan mereka telah mendeteksi delapan kali tingkat radiasi normal di luar fasilitas tersebut.

  • 06:10

    File 13761

    Asap terlihat mengepul dari pabrik Reaktor atom 1 Fukushima setelah ledakan. Empat orang dilaporkan terluka.

  • 05:30

    Rekaman di acara TV Jepang bahwa dinding satu bangunan di pabrik Fukushima Daiichi telah hancur, setelah laporan ledakan. Tidak jelas apakah bangunan yang rusak menyimpan reaktor ,yang dikhawatirkan akan menjadikan kebocoran karena meleleh.

  • 05:08

    Peter Hayes, direktur eksekutif Institut Nautilus untuk Keamanan dan pembangunan Berkelanjutan di Melbourne, membahas skenario yang mungkin dalam pembangkit nuklir yang dilanda gempa.

  • 05:03

    Beberapa pekerja dilaporkan terluka dalam ledakan di pabrik nuklir.

  • 16:59

    Sebuah ledakan telah mendengar dan asap terlihat di Fukushima No.1 pembangkit listrik tenaga nuklir, kantor berita Jiji mengutip polisi mengatakan.

  • 16:57

    AFP melaporkan bahwa asap mengepul dari Fukushima No.1 pembangkit tenaga nuklir dan radioaktivitas bahwa ada 20 kali tingkat normal.

  • 16.18

    Peter Hayes, seorang ahli nuklir, mengatakan pada Al Jazeera "itu masih mungkin bahwa para pekerja reaktor dapat menstabilkan situasi" di pabrik Fukushima Daiichi nuklir "jika daya yang dibawa kembali, jika pendingin dibawa ke dalam reaktor", tetapi "kita benar-benar tepat pada tepian krisis nuklir besar ".

  • 15:49

    Setidaknya 703 orang telah dikonfirmasi tewas dalam gempa tetapi pemerintah menyiarkan kekhawatiran bahwa lebih dari 1.000 telah meninggal.

  • 15:04

    otoritas nuklir Jepang mengatakan ada kemungkinan besar bahwa batang bahan bakar nuklir di reaktor di (TEPC) tanaman Tokyo Electric Power Fukushima Daiichi mungkin mencair atau meleleh, laporan kantor berita Jiji.

    Para ahli telah mengatakan bahwa jika batang bahan bakar telah rusak, itu berarti bahwa hal itu bisa berkembang menjadi pelanggaran atas reaktor nuklir dan pertanyaan kemudian menjadi salah satu dari seberapa kuat struktur pengungkung sekitar reaktor tersebut dan apakah telah dirusak oleh gempa - dan jika dapat menahan gempa susulan .

    Reaktor ini salah satu dari 25 Pembangkit tenaga nuklir terbesar di dunia, memiliki enam unit yang terpisah di situs, dan terletak lebih dari 200km utara Tokyo.

  • 14:42

    Al Jazeera Steve Chao adalah melakukan siaran langsung dari Tokyo International Airport menggunakan iPhone 4

  • 14:40

    Pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima "mungkin mengalami krisis nuklir", menurut laporan media Jepang, Sabtu, sementara Associated Press mengatakan suatu Jepang yang tidak disebutkan namanya resmi komisi keselamatan nuklir telah mengatakan krisis di pembangkit listrik tenaga nuklir mungkin telah terjadi

  • 14:31

    Al Jazeera Steve Chao laporan dari bandara Tokyo, di mana ribuan orang telah terdampar. Ada backlog utama penerbangan di dalam dan luar negeri.

  • 14:26

    Heikki Vaatamoinen, dari Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, mengatakan kepada Al Jazeera dari Kuala Lumpur bahwa pemerintah Jepang dan masyarakat sipil sudah sangat siap untuk manajemen bencana, bahkan pada skala besar.

    Tawaran bantuan internasional telah melebihi kebutuhan sebenarnya, katanya.

  • 13:52

    Para ilmuwan memperingatkan bahwa Jepang mungkin menghadapi bencana nuklir pada skala Chernobyl.

    Lebih lanjut tentang darurat atom Jepang dari Edwin Lyman, seorang ahli nuklir untuk Program Keamanan Global di Uni Ilmuwan Peduli:

    Peristiwa yang terjadi padaReaktor tersebut, yang merupakan kerugian dari kedua daya dan power offsite onsite, adalah salah satu peristiwa langka terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir, dan semua indikasi bahwa Jepang tidak memiliki situasi di bawah kendali.

    pemerintah Jepang berusaha menghindari kegagalan sistem pendingin dari berubah menjadi bencana oleh ventilasi gas radioaktif dan mengevakuasi orang-orang, ia menjelaskan.

    Perhitungan pada saat ini adalah bahwa jika Anda mengurangi tekanan sekarang dengan ventilasi, Anda mengurangi risiko pecahnya bencana, yang dapat menyebabkan peningkatan radiasi ribu kali melalui ventilasi.

    Namun gempa susulan yang parah dapat merusak upaya-upaya ini, kemungkinan yang telah menjadikan kesalahan fatal dalam kesiapan untuk skenario yang sekarang dilakukan di Jepang.

    Saya tidak berpikir ada badan pengawas mempertimbangkan kemungkinan gempa susulan parah berulang.

  • 13:32

    gempa baru telah memukul Jepang malam ini, Associated Press melaporkan.

    Jumlah korban tewas dari gempa sebelumnya sudah 573 .

  • 13:14

    Justin Rubinstein dari US Geological Survey mengatakan berkat persiapan Jepang dalam menghadapi gempa menjadikan kerusakan jauh lebih sedikit .

    Namun Gempa susulan akan berlangsung selama bertahun-tahun.

  • 12:58pm

    Buka Google Person Finder jika Anda mencari seseorang yang mungkin telah hilang oleh gempa, atau jika Anda memiliki informasi tentang keberadaan orang yang anda temukan dalam gempa. Data publik dan Google tidak memainkan peran dalam memverifikasi itu.Pada saat penulisan, sekitar 26.200 orang yang sedang dilacak.

  • Seperti disebutkan sebelumnya di blog ini, Komite Internasional Palang Merah menawarkan layanan serupa untuk membantu menemukan orang yang anda cari.

  • 10:09

    kantor berita AP telah melaporkan bahwa gempa Jepang menyebabkan siang hari menjadi sedikit lebih pendek.

    NASA geofisika Richard Gross menghitung bahwa rotasi bumi melaju 1,6 mikrodetik.Itu karena pergeseran massa Bumi disebabkan oleh gempa 8,9 skala Richter.
    mikrodetik adalah satu-juta per detik.Bahwa perubahan dalam kecepatan rotasi lebih sedikit daripada yang disebabkan oleh gempa besar Chili tahun lalu. Tapi gempa besar tahun 2004 Sumatera menyebabkan pemendekan 6,8-mikrodetik hari.

  • 8:59

    Dengan keadaan darurat dideklarasikan di lain reaktor nuklir, sekarang ada lima reaktor di bawah keadaan darurat - dua di Fukushima reaktor No.1 , dan tiga di pabrik No.2 Fukushima dekatnya.

  • 08:52

    warga negara AS di Jepang sedang didesak untuk memberitahu pejabat tahu keberadaan mereka, dengan mengirim email JapanEmergencyUSC@state.gov

  • Timestamp: Timestamp:
    8:39am 08:39

    Not all US military personnel in Japan have been accounted for, the Pentagon has just confirmed. Tidak semua personel militer AS di Jepang telah dicatat, Pentagon baru saja dikonfirmasi.

  • 08:30

    politisi Jepang yang mendorong untuk anggaran darurat untuk melawan kerusakan ekonomi akibat bencana kembar. Bank of Japan, yang telah berjuang untuk mengembalikan negara itu untuk pertumbuhan, mengatakan akan memotong pendek review kebijakan dua hari dan berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk memastikan stabilitas pasar keuangan.

    Para pemimpin partai yang berkuasa dan oposisi sepakat tentang perlunya anggaran tambahan setelah Perdana Menteri Naoto Kan meminta mereka untuk "menyelamatkan negara", kantor berita Kyodo melaporkan. Yasuo Yamamoto, senior


  • 08:27

    Perdana Menteri Jepang Naoto Kan mengatakan:

    Kami telah bekerja semalaman untuk mencoba pulih dari situasi. ISaya akan naik helikopter untuk pergi ke daerah-daerah, khususnya daerah sekitar fasilitas nuklir yang terkena dampak.Pada saat ini kami telah mengunjungi zona eksklusi 10 km di sekitar fasilitas.Aku pergi ke sana dengan para ahli dari industri untuk berbicara dengan orang yang bertanggung jawab di sana, dan untuk memahami bagaimana situasi ini. Atas dasar ini kita akan membuat keputusan yang diperlukan.

  • 8:17

    Sebanyak 45.000 orang yang tinggal dalam radius 10 km dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima kini telah diperintahkan untuk evakuasi dari rumah mereka - sebuah peningkatan drastis sebelum 3000 orang yang disuruh meninggalkan malam kemarin.

  • 8:15


    File 13736

  • 08:12

    Puluhan pasukan terlatih untuk bencana kimia telah dikirim ke Reaktor nuklir Fukushima dalam kasus kebocoran radiasi, bersama dengan empat kendaraan yang dirancang untuk digunakan dalam perang atom, biologi dan kimia, kata pejabat kementerian pertahanan Ippo Maeyama.

  • 8:08

    Tokyo Electric Power telah kehilangan kemampuan untuk mengontrol tekanan di beberapa reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir kedua di fasilitas yang dilanda gempa Fukushima di Jepang timur laut, .

    Tekanan stabil di dalam reaktor, tetapi naik pada pembuluh penahanan, kata seorang jurubicara - meskipun ia tidak tahu apakah akan ada kebutuhan untuk melepaskan tekanan di pabrik, yang akan melibatkan pelepasan radiasi.

  • 7:57

    Kepulauan di Pasifik Selatan telah melaporkan mengalami gelombang lebih besar dari normal - tapi tidak ada kerusakan besar.

    Air membanjiri sejumlah rumah di Tonga, di mana ribuan orang mencari perlindungan di kediaman raja di tanah yang lebih tinggi.

    Gelombang pasang hingga 26inches (66cm) dilaporkan di Samoa Amerika, Nauru, Saipan dan utara Selandia Baru.

  • 7:51

    Banri Kaieda, menteri industri Jepang, mengatakan:

    Karena prosedur pelepasan udara, ada kemungkinan bahwa bahan-bahan radioaktif dapat dilepaskan ke udara. But Namun jumlahnya minim.

  • 7:07

    Ini adalah gambar pembangkit listrik Fukushima nuklir, di mana pejabat dilaporkan berhadapan dengan krisis di tingkat radiasi.

    File 13676

  • 03:05

    media Jepang di Tokyo melaporkan 300 tewas, 722 luka-luka dan 537 hilang, Hyogo penduduk Ritsuko Allen mengatakan Al Jazeera.

  • 2:51

    Bangunan terbakar di kota Yamada, Prefektur Iwate di Jepang utara-timur, setelah terjadinya gempa.

    File 13341


  • 2:38am 02:38

    Presiden Obama adalah mengalihkan sebuah kapal induk dan kapal perang lainnya ditempatkan di Samudra Pasifik ke Jepang untuk membantu usaha pemulihan. Ini berarti ribuan Marinir AS, serta pasokan listrik, fasilitas kesehatan dan sistem pemompaan akan tersedia untuk bergabung dengan upaya-upaya pemulihan Jepang.

  • 2:37

    Barack Obama, berbicara setelah gelombang akibat gempa mencapai pantai Amerika. Sedangkan pulau Hawaii lebih berisiko daripada daratan, ia memberitahu warga negara:

    Jika Anda diminta untuk mengungsi, lakukan seperti yang dianjurkan.

  • 2:07

    gambar Live dari marina di Santa Monica, California, menunjukkan bahwa beberapa perahu rusak tambatan mereka, tetapi ada tampaknya tidak akan ada kerusakan besar setelah gelombang pertama dari tsunami.

  • 2:03

    Hampir 6.000 penduduk yang tinggal dalam radius tiga kilometer dari Fukushima No 1 pembangkit listrik nuklir, di mana kegagalan pendingin dilaporkan, kini telah diperintahkan untuk mengungsi.

    reaktor dimatikan setelah gempa, tapi kegagalan sistem pendingin menimbulkan keprihatinan, meskipun pemerintah telah mengatakan situasi "di bawah kendali".

    "Sebuah instruksi telah dikeluarkan kepada penduduk dalam radius tiga kilometer untuk mengungsi:" kata Kepala Sekretaris Kabinet Yukio Edano.

    "Ini merupakan instruksi evakuasi hanya untuk berjaga-jaga, dan tidak ada kebocoran radiasi dari reaktor."

  • 1:26am 01:26

    Tidak ada kerusakan besar telah dilaporkan setelah gelombang pertama dari tsunami menghantam pantai daratan AS di negara bagian Hawaii, Alaska dan Oregon, laporan Associated Press.

    Gelombang sekitar 7 kaki tinggi tercatat di pulau Hawaii Maui, dan 3 kaki di pulau Oahu dan Kauai.

    Sementara itu, dua kapal selam Angkatan Laut AS mematahkan tambatan mereka di Guam setelah dilanda gelombang, tetapi kapal mampu menarik kapal-kapal kembali ke dermaga. Tidak ada kerusakan dilaporkan, baik untuk kapal-kapal, atau armada yang lebih besar Angkatan Laut AS di Hawaii.

  • 1:14

    militer Jepang sedang menyiapkan upaya penyelamatan besar-besaran dan bantuan, dengan ribuan tentara, 300 pesawat dan 40 kapal angkatan laut yang dikerahkan untuk melakukan misi pengintaian dan penyelamatan.

    Dua puluh kapal angkatan laut dan kapal lainnya telah dikirim ke daerah pantai hancur Pasifik Pulau Honshu, sementara sekitar 25 jet tempur angkatan udara saat terbang misi pengintaian.

    Tentara helikopter menyelamatkan ratusan orang terdampar di sebuah sekolah dasar di Watari, Prefektur Miyagi, laporan kantor berita Kyodo.

    AS memiliki 50.000 tentara yang berbasis di negara itu, dan Takeaki Matsumoto, menteri luar negeri Jepang, telah meminta Duta Besar AS untuk Jepang untuk memungkinkan untuk mendukung upaya bantuan.

  • 01:08

    Sebuah bendungan di timur laut Prefektur Fukushima Jepang telah rusak, menyebabkan rumah-rumah hanyut, laporan kantor berita Kyodo.

  • 1:05

    Reuters melaporkan bahwa Amerika Serikat telah mengangkut pendingin ke pabrik nuklir Jepang yang terkena gempa. Laporan tersebut mengutip Hillary Clinton, Menteri Luar Negeri AS,

  • 1:00

    Gelombang pertama dari tsunami disebabkan oleh gempa kini telah mencapai daratan AS, di sepanjang pantai Oregan.

    Gerard Fryer, seorang ahli geofisika di Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Honolulu mengatakan air tinggi mencapai Port Orford, Oregan sekitar 1530GMT (sekitar setengah jam yang lalu).Peringatan sirene telah diaktifkan jam sebelumnya oleh otoritas manajemen bencana, mengingatkan orang untuk meninggalkan daerah itu.

    Di Alaska, tsunami menyebabkan gelombang lebih dari lima kaki di Shemya, di Kepulauan Aleutian (1.900 km barat daya Anchorage).

  • 00:56

    Al Jazeera memiliki galeri foto baru kehancuran yang disebabkan oleh gempa bumi dan tsunami di seluruh Jepang.

    File 13321

  • 12:52

    Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton telah merilis pernyataan berikut:

    Saya bergabung dengan Presiden Obama dalam menawarkan belasungkawa tulus kami untuk hilangnya nyawa dan kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami di Jepang. Kami memonitor tsunami yang dapat mempengaruhi bagian lain dunia, termasuk Hawaii dan Pantai Barat Amerika Serikat.

    "Pemerintah AS telah menawarkan bantuan bencana bantuan segera, dan kami bekerja erat dengan Pemerintah Jepang untuk memberikan bantuan tambahan petugas konsuler kami di Jepang dan di Amerika Serikat yang bekerja untuk mengumpulkan informasi dan membantu warga AS di Jepang yang mungkin. terkena dampak gempa.

  • 00:07

    Laporan sekarang bahwa penduduk di bagian pantai utara California telah mengevakuasi rumah mereka menjelang tsunami yang diharapkan.

    Pihak berwenang telah memperingatkan bahwa gelombang bisa mencapai dua meter ketika tsunami mencapai pantai.
    gelombang besar dipicu oleh gempa bumi Jepang telah melanda Taiwan, Indonesia dan Hawaii, tetapi belum ada laporan kerusakan sejauh ini.

    Jumat 11 Maret

  • 23:45

    Lebih banyak video video amatir f rom Jepang, diambil oleh warga yang dilanda panik saat gempa:

  • 22:35

    Pasar global telah lebih lanjut menanggapi bencana Jepang, dengan saham di dua perusahaan asuransi terkemuka AS - AIG dan XL Group Plc jatuh.Saham perusahaan asuransi atas Jepang, Aflac, juga turun sebanyak tiga persen.

    Saham pada perusahaan asuransi di Eropa juga jatuh, dengan sejumlah perusahaan mengatakan mereka berharap akan terpengaruh oleh gempa. Pedagang khawatir tentang klaim mahal.Dan asuransi sudah berurusan dengan akibat gempa kuat di Selandia Baru bulan lalu, yang telah diperkirakan mengalami kerugian pertanggungan sampai dengan $ 12 milyar us Dolar.

  • 23:22

    Lebih lanjut tentang laporan sebelumnyatentang mayat-mayat yang ditemukan di kota Sendai Jepang.

    kantor berita lokal melaporkan bahwa sampai 300 mayat dilaporkan ditemukan di bangsal Wakabayashi dari gempa dan kota terkena tsunami. Para pejabat mengatakan hampir semua dari 1.200 rumah di kabupaten tersebut dilanda tsunami.

    Dan pencarian sekarang berjalan untuk sebuah kapal yang mengangkut sedikitnya 80 orang yang hanyut ketika ombak menghantam.

  • 23:06

    Gelombang dari tsunami dipicu gempa telah menghantam pantai Hawaii, TV lokal melaporkan.
    Tidak ada kerusakan telah dilaporkan dari gelombang relatif kecil, yang diukur pada sekitar setengah meter, kantor berita AFP.

  • 23:00

    Beberapa perangkat berbasis Web lainnya untuk orang-orang di Tokyo berjuang pasca gempa.

    Peta ini bertujuan untuk menunjukkan orang terjebak di ibukota tanpa cara untuk mendapatkan rumah di mana tempat penampungan terbuka di kota.

    Dan yang satu ini dilaporkan menunjukkan tempat-tempat gratis wifi tersedia. Both of Kedua milik jurnalis lepas @ Nobi

  • 22:35
    Beberapa laporan yang datang dari utara kota Sendai, yang menanggung beban penuh gempa, mengatakan bahwa polisi telah menemukan "ratusan" mayat di sepanjang pantai.

    Secara terpisah, Google kini telah menyiapkan halaman respon krisis, yang bertujuan untuk memberikan informasi darurat. http://www.google.co.jp/intl/en/crisisresponse/japanquake2011.html


  • 09:45

    Sebuah kapal yang mengangkut 100 orang telah tersapu oleh tsunami lepas pantai Jepang, kantor berita Kyodo melaporkan, mengatakan keberadaannya masih belum diketahui.

    Sementara itu pihak berwenang mengatakan penduduk yang tinggal di dekat pabrik Fukushima nuklir, yang meledak sebelumnya, untuk mengevakuasi daerah tersebut.

    Tokyo Electric Power Co, yang mengoperasikan pabrik, masih bekerja untuk mempertahankan tingkat air untuk menghindari paparan batang bahan bakar nuklir, kantor berita Reuters mengatakan.

  • 09:19

    Uni Eropa telah mengatakan akan "memobilisasi semua bantuan yang tepat" ke Jepang sebagai tanggapan terhadap gempa.

    China juga mengatakan para pekerja penyelamat yang berada di siaga untuk pergi ke daerah tersebut dan telah menempatkan personil, peralatan dan obat-obatan di tempat.

  • 09:11

    Gambar tsunami 10 meter yang melanda di dekat Sendai - dimana gelombang air hitam dikirim mobil dan berputar-putar puing-puing:

  • 08:49

    Menambah kekacauan berlangsung adalah kekhawatiran lain, yaitu pasar global. Sudah terpengaruh oleh minyak dan harga pangan, ada kekhawatiran gempa bumi Jepang akan memukul pasar Asia .

    stock futures Sejauh ini Jepang telah jatuh 3,3 persen, tetapi mata uang yen telah pulih dari dip awal hari.

  • 08:43

    Barack Obama, presiden AS, telah menawarkan belasungkawa kepada rakyat Jepang.

    "Michelle [Obama] dan saya mengirimkan duka cita yang mendalam kepada rakyat Jepang, terutama mereka yang telah kehilangan orang yang dicintai dalam gempa bumi dan tsunami," katanya dalam sebuah pernyataan, Jumat.
    Presiden mengatakan ia akan memantau tsunami dipicu oleh gempa besar, dan mendesak warga di tempat-tempat diperkirakan akan terpengaruh untuk mendengarkan otoritas lokal mereka.

    Tsunami diperkirakan akan mencapai Hawaii dalam beberapa jam ke depan.

  • 08:39

    Steff Gaulter, meteorologi senior Al Jazeera telah menjelaskan skala dampak tsunami di Pasifik.

    Dia mengatakan kurangnya gesekan di laut berarti tidak ada penghalang untuk memperlambat gelombang bawah.

  • 08:29

    Gavin Blair, seorang wartawan freelance di Tokyo, telah mengatakan kepada Al Jazeera saat gempa bumi itu dirasakan di kota.

    Aku berada di lantai dasar sebuah gedung di Tokyo yang mulai gemetar, lembut pada awalnya dan kemudian semakin besar. Beberapa orang keluar ke jalan-jalan, yang lain berlindung di bawah meja.

    gempa susulan masih terjadi kami tiga jam kemudian," katanya, menambahkan itu adalah gempa terbesar yang ia rasakan dalam 14 tahun.

  • 08:28

    Mengapa Jepang rawan gempa: meteorologi senior Al Jazeera, Steff Gaulter, memberikan wawasan ahli-nya:

  • 08:18

    Reaktor Nuklir Fukushima terkena dampak gempa bumi: Jepang telah menerbitkan keadaan darurat di pabrik setelah kegagalan sistem pendingin.Pihak berwenang mengatakan tidak ada kebocoran radiasi tetapi mereka mengalami kesulitan pendinginan reaktor.

    Sebelumnya api dilaporkan di gedung turbin pabrik di Prefektur Miyagi.

  • 08:09

    Vaessen, koresponden Al Jazeera di Jakarta, mengatakan provinsi Papua Indonesia diharapkan dapat terkena tsunami kecil tidak lebih tinggi dari 80cm tinggi dalam 30 menit berikutnya.

    "Dalam satu jam terakhir mereka [pemerintah] telah bekerja sangat keras untuk memastikan orang-orang telah dievakuasi dari pantai," katanya.

  • 07:53

    Kembali ke peringatan tsunami, Selandia Baru kini mengeluarkan peringatan sendiri bagi negara dan telah memperingatkan orang untuk menjauhi pantai.

    Pertahanan Sipil mengatakan gelombang kurang dari satu meter tingginya diperkirakan di garis pantai.

    Di pihak berwenang Taiwan telah mengatakan tsunami kecil menghantam pantai mereka tanpa menyebabkan kerusakan.

  • 07:38

    Korban tewas sekarang mencapai sedikitnya 29 orang, polisi dan pihak berwenang mengatakan, sementara beberapa kantor berita yang meletakkan setinggi 32.
    Menurut kantor berita AFP orang mati termasuk seorang pria 67 tahun hancur oleh dinding dan seorang wanita tua terbunuh oleh atap runtuh di Tokyo.

    Ia mengutip Badan Kepolisian Nasional mengatakan "kerusakan sangat besar yang akan membawa kita banyak waktu untuk mengumpulkan data".

  • 19:15

    Tsunami diperkirakan melanda Indonesia dalam waktu satu jam, pihak berwenang mengatakan.

    koresponden Al Jazeera di Jakarta, mengatakan: "Banyak orang akan pergi dari pantai karena mereka mendengar dari sumber lain, bukan dari pihak berwenang, bahwa tsunami mungkin memukul."
    namun hanya gelombang kecil yang akan sampai di sini, ini jauh berbeda dengan situasi di filipina

  • 19:05

    Jumlah korban tewas akibat gempa kini telah mencapai 17, menurut pemerintah Jepang.

    Bencana ini memicu kebakaran di timur laut negara itu, termasuk di tangki penyimpanan gas di kilang minyak Cosmo di kota Ichihara, Chiba Prefektur, dekat ibukota Tokyo.

    File 13296

  • 18:49

    Pusat Peringatan Tsunami Pasifik telah mengeluarkan peringatan Tsunami meliputi: Rusia, Taiwan, Filipina, Indonesia, Papua New Guinea, Australia, Selandia Baru, Fiji, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Honduras, Chile, Ekuador, Kolombia, Peru dan Kanada.


  • 18:4

    peringatan tsunami yang dikeluarkan sekitar Pasifik, dari pantai Rusia dan Hawaii ke Australia dan Selandia Baru.

    Di Taiwan, penjaga pantai telah mengevakuasi pantai timur dengan gelombang 50cm tinggi yang diharapkan untuk mencapai pulau itu di kemudian hari. Hawaii telah membuat bergerak semacam itu, dengan gelombang tsunami diharapkan pergi ke dalam tiga jam berikutnya.

  • 18:39

    Google telah meluncurkan layanan online untuk orang untuk mengirim dan mencari informasi tentang korban: http://japan.person-finder.appspot.com

  • 18:32

    gempa bumi besar Jumat adalah Jepang terbesar yang pernah dan yang ketujuh terbesar dalam catatan, menurut data dari US Geological Survey.
    gempa berkekuatan 9,1 yang melanda Indonesia pada tanggal 26 Desember 2004 yang menewaskan lebih dari 220.000 orang tewas. Gempa terbesar pada catatan adalah 9,5 di lepas pantai Chili pada Mei 1960, yang menewaskan sekitar 1.600 orang.



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer