Membongkar Praktik Perdagangan Seks ala Pejabat

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mikael Blomkvist adalah seorang publisis sekaligus jurnalis di majalah Millennium yang sukses membongkar praktik korupsi para pejabat di Swedia. Suatu ketika datanglah wartawan muda, Dag Svensson, dengan membawa penelitiannya tentang perdagangan seks yang melibatkan para pejabat serta gadis di bawah umur. Melihat itu, Blomkvist pun mulai melibatkan dirinya untuk menyelidiki kasus tersebut.

Untuk memecahkan kasus tersebut, Blomkvist kembali meminta bantuan. Dialah Lisbeth Salander, seorang peretas komputer yang memiliki tato naga di punggungnya.
Ada yang tiba-tiba ingat dengan dua nama ini?

Ya, film ini merupakan sekuel dari film The Girl with the Dragon Tattoo, sebuah plot lanjutan dari seorang wartawan dan seorang peretas di dunia maya. Film The Girl Who Played with Fire juga merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama oleh Stieg Larsson, pengarang asal Swedia. Novel yang berjudul aslinya Flickan som lekte med elden pertama kali dipublikasikan pada tahun 2006. Januari 2009 novel kedua dari trilogi ini mulai merambah Inggris dan langsung menjadi best seller.

Dengan kepiawaiannya meretas, tokoh Salander dalam The Girl Who Played with Fire kembali menunjukkan aksi di depan komputer. Hanya saja, belum sempat dia memecahkan kasus tersebut, Dag Svensson telah terbunuh. Tidak hanya itu, pacar Dag, Mia Johansson, yang kebetulan sedang menulis desertasi doktoral tentang perdagangan seks, dan sang pengasuh Nils Bjuman juga ditemukan terbunuh.

Salander tahu bahwa ketiga orang tersebut memiliki informasi tentang perdagangan seks dan Bjuman bahkan memiliki informasi tentang Zala. Zala adalah nama yang selalu muncul ketika Salander mengetik kata "sex trafficking" saat meretas.

Kenyataan semakin runyam ketika Salander menjadi tersangka pembunuhan ketiga orang tersebut oleh pihak keamanan. Melalui keahlian meretasnya dan dibantu dengan sang wartawan Blomkvist, keduanya mencoba membongkar kasus pelik tersebut.

Nah, buat menghabiskan akhir pekan ini, tidak ada salahnya menyaksikan sang gadis bertato naga yang sedang bemain api ini.(CE1)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer