Ditemukan Kuburan Massal Kaum Yahudi Rumania

BUCHAREST, KOMPAS.com - Sejumlah arkeolog telah menemukan kuburan massal kaum Yahudi yang dibantai tentara Rumania saat Perang Dunia II, demikian dilaporkan Institut Elie Wiesel pada Jumat (5/11/2010).

Berdasarkan kutipan dari banyak saksi, institut tersebut mengatakan lebih dari 100 orang Yahudi, lelaki, perempuan, anak dan orang-orang tua, dikubur di situs pemakaman yang baru itu yang ditemukan dalam wilayah hutan dekat desa Popricani, dekat dengan kota Iasi, timur laut Rumania.

"Salah satu saksi mata pembataian Yahudi tersebut nyaris ditembak, saat tentara Rumania mengira dia keturunan Yahudi," kata pernyataan Institut Elie Wiesel cabang Rumania.

"Namun, ia lalu dibiarkan hidup, ketika tentara mengetahui saksi mata tersebut beragama Kristen Orthodoks," jelas mereka.

Komisi internasional yang diketuai oleh pemenang hadiah Nobel perdamaian Elie Wiesel mengatakan, pada 2004 antara 280.000 hingga 380.000 orang Yahudi Rumania dan Ukraina telah dibunuh di Rumania serta wilayah yang dikuasainya saat menjadi sekutu Nazi Jerman pada masa Perang Dunia II.

Institut Elie Wiesel mengatakan situs kuburan massal tersebut berada dalam area operasional tentara Rumania dan Jerman yang saat itu menginvasi Uni Soviet.

"Para arkeolog menggali di wilayah hutan bernama Vulturi, sejauh ini telah menemukan 16 mayat," kata sejumlah jaksa Rumania, yang ikut melakukan penyelidikan.

Vulturi merupakan tempat kedua di Rumania yang telah ditemukannya kuburan massal sejak perang tersebut.

Pada 1945, 311 mayat dari tiga kuburan massal telah tergali di Stanca Roznovanu, di kota Iasi, Rumania.

Adrian Cioflance, koordinator kegiatan arkeologi di Vulturi mengatakan para korban dieksekusi oleh Regimen 6, regu Mountain Ranger, yang ia katakan juga terlibat dengan pembantaian di wilayah yang sekarang menjadi negara tetangganya, Republik Moldova.

Rumania baru-baru ini mulai berupaya membongkar perannya dalam penindasan kaum Yahudi, yang diakui pertama kali pada 2003.

Setelah Rumania berpindah pihak dalam perang pada 1944, rezim komunis tidak berperan besar dalam menguak pembunuhan tersebut, saat pemerintah nasional setelah 1989 juga menutupi hal tersebut.

Sekitar 750.000 orang Yahudi hidup di Rumania sebelum perang dunia, sekarang hanya 8.000 hingga 10.000 orang yang masih menetap.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer