Di Filem Charlie Chaplin 1928, Ada Orang Yang Sudah Pake Ponsel (Video)

Misteri Orang Berponsel di Film Charlie Chaplin
Jakarta (ANTARA News) - Istilah "film bisu" biasanya mengingatkan kita kepada masa-masa Charlie Chaplin, saat film dibuat tanpa rekaman suara karena keterbatasan teknologi saat itu.

Bagaimana kalau film yang dibuat tahun 1928 itu ternyata merekam gambar orang yang disebut-sebut sedang menggunakan Ponsel?

Film komedi Charlie Chaplin "The Circus" pada masa itu sedang tayang di bioskop. Satu film dokumentasi dibuat untuk merekam antusiasme masyarakat menonton tayang perdana film tersebut di Manns Chinese Theatrfe di Hollywood.

Cuplikan dokumentasi itu ternyata juga merekam seorang wanita tua bermantel dan bertopi dengan tangan yang menggenggam sesuatu. Benda itu ditempelkan sisi kiri wajahnya dan perempuan itu seolah berbicara. Tak ada orang lain di sekitarnya.

Keganjilan itu ditemukan oleh penggemar film George Clark di koleksi film Charlie Chaplin miliknya.

Clark menyebarkan keganjilan itu lewat YouTube dan sejak itu komentar-komentarpun bermunculan.

Belum ada penjelasan yang memuaskan semua orang. Ada yang menyebut perempuan itu mendengarkan radio portabel, tapi hal itu tak menjelaskan kenapa perempuan itu terlihat berbicara.

Yang lain mengatakan ia mungkin menderita skizofrenia dan gerak menutupi wajah adalah untuk menyembunyikan identitas bahwa dia sedang berbicara kepada diri sendiri.

Ada juga yang skeptis dan menyebut cuplikan itu hanya kelakuan Clark - yang punya rumah produksi Yellow Fever Productions - untuk mempublikasikan festival filmnya.

'Walkie-talkie' baru ada sekitar tahun 1940-an dan ukurannya masih sangat besar.Ponsel pertama kali muncul tahun 1980-an dan tetap saja lebih besar dari telapak tangan.

Clark memberikan komentar bercanda;Satu-satunya teori yang masuk akal adalah bahwa wanita itu adalah penjelajah waktu.

The Circus adalah salah satu film terakhir Charlie Chaplin. Film itu meraih Academy Award pada tahun 1929.

Film itu bercerita tentang sosok Tramp karyawan sirkus yang jatuh cinta dengan anak si bos.

Chaplin memproduksi film itu saat sedang "panas-panasnya" perselisihan hukum soal perceraiannya dengan Lita Grey. Dalam otobiografinya, Chaplin tidak menulis satu katapun soal film itu padahal The Circus kemudian dikenal sebagai salah satu karya terbaiknya.
(A038/A038/BRT)

Ini Nih Videonya



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer