3 Kesalahan Fatal Pada Microsoft Excel 2007


Sebenarnya bug yang saya temui ini terus terang masih jadi tanda tanya besar saat artikel ini ditulis, entah karena ilmu saya yang masih dangkal atau memang itu merupakan bug dari sana. Ceritanya, saya diminta untuk membuat aplikasi berbasis VBA menggunakan Microsoft Excel 2007. Aplikasi itu digunakan sebagai input dalam sebuah perhitungan yang saya rasa cukup rumit. Ketika men-develop aplikasi tersebutlah, ada beberapa gangguan yang sangat mengganggu dan masih terus berusaha dipecahkan saat artikel ini ditulis.

Beberapa bug tersebut adalah :

* Ketika menggunakan file excel bertipe macro enabled (.xlsm), sering tiba-tiba excel menjadi crash dan harus dipaksa exit, dan saat itu terjadi tidak bisa melakukan save, sehingga segala perubahan bisa hilang. Meskipun bug ini masih dapat diakali dengan melakukan save sesering mungkin, tetapi tetap saja sangat mengganggu kenyamanan dan jika lupa save bisa berbahaya.

* Ketika memanggil fungsi GoalSeek dari VBA untuk melakukan fungsi reverse IRR (membalik fungsi IRR-Internal Rate of Return). Tiba-tiba saja muncul error pada IRR dengan keterangan divided by zero, padahal ketika dicek semua perhitungan, tidak ada yang dapat menjadi penyebab hal itu (setidaknya dari pengamatan saya). Semua input yang digunakan, selain IRR, juga menggunakan bilangan-bilangan yang masuk akal. Benar-benar sampai pusing, kok bisa begini [SOLVED-ternyata masalah terletak pada kesalahan persepsi kami. Kami kira bukan nol, tetapi excel menganggapnya nol, tetapi excel tidak konsisten dalam hal ini, kadang-kadang dianggap nol kadang-kadang tidak, nah itulah yang kemudian bisa disebut bug..hehe]

* Yang ini lebih aneh lagi. Suatu ketika, aplikasi yang saya buat saya (belum ada error nomor 2 diatas), saya backup. Kemudian saya lanjutkan pengembangan aplikasi tersebut dengan menambah sedikit fitur (hanya sedikit), dan menemui error pada nomor 2 diatas, padahal saya sama sekali tidak menyentuh modul tentang GoalSeek diatas. Kemudian saya mundur selangkah untuk menggunakan aplikasi yang saya backup tadi, dan hasilnya……..muncul error yang sama!!!!! Padahal saat saya backup, tidak ada error tersebut, mungkinkah error tersebut mempengaruhi excel itu sendiri?? Saya belum menemukan jawabannya.

Saya coba meyakinkan diri sendiri bahwa diatas bukan bug dari microsoft excel, tapi cuma karena saya yang kurang paham saja. Berprasangka baik :D ……..dan sekarang masih berusaha mencari solusi untuk setidaknya mengakali hal-hal diatas bersama seorang partner di ibukota.

Semoga ini memang hanya kesalahan saya yang memang baru belajar :)

http://canggih.web.id/3-bug-fatal-pada-microsoft-excel-2007/

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer