10 Ponsel Perdana dari Windows Mobile 7

Peluncuran Windows 7 Phone di New York, Senin lalu, diwarnai pula dengan perkenalan sembilan ponsel cerdas yang mengandung platform anyar itu.

Empat vendor yang ikut berpartisipasi dalam acara Microsoft tersebut adalah HTC, Dell, LG, dan Samsung. Keempatnya secara bersamaan mempertunjukkan produk-produk yang umumnya bakal dilempar ke pasaran Amerika Serikat dan Kanada mulai bulan depan.

Selain sembilan ponsel untuk pasar Amerika Utara, terdapat pula satu model dari Dell yang ditujukan eksklusif untuk pasar UK (United Kingdom). Artinya, total ada sepuluh ponsel Windows Phone 7 baru yang siap berkompetisi.

Keberagaman merek dan model yang mendukung Windows Phone 7 adalah salah satu tujuan Microsoft. Mereka ingin memberi lebih banyak alternatif bagi konsumen untuk memilih ponsel yang sesuai dengan kocek dan selera. Tidak seperti Apple dan RIM yang membatasi sistem operasinya hanya untuk produk keluarannya.

Namun, antarmuka Windows Phone 7 yang seragam pada semua merek juga memberi konsistensi lebih ketimbang Android. Pasalnya, sifat Android yang dapat dengan mudah dimodifikasi tampilannya pada setiap model ponsel berpotensi mengurangi familiaritas konsumen terhadap plattform besutan Google ini.

Mau tahu apa saja sepuluh ponsel tersebut? Lihat deskripsi singkat dari setiap produk, seperti dikutip dari i4u.com, di halaman-halaman berikut.


Samsung Focus

Secara garis besar, Samsung Focus merupakan versi Windows Phone 7 dari Samsung Galaxy S. Memiliki layar Super AMOLED 4 inci dan diperkuat prosesor Hummingbird 1GHz. Memori internalnya 8GB dan mendukung microSD hingga 32GB. Dilengkapi kamera 5MP + lampu kilat. Rilis 8 November 2010 di AS dengan harga US$199,99.


Samsung Omnia 7

Lanjutan dari seri Omnia sebelumnya, tapi kali ini berplatform Windows Phone 7. Memiliki layar Super AMOLED 4 inci dan prosesor 1GHz, memori internal 8GB, kamera 5MP yang mampu merekam video HD. Jadwal peluncuran dan harga belum diketahui.


LG Quantum

Model ponsel kelas atas yang diklaim Ralph de la Vega (CEO AT&T) sebagai “pengubah permainan”. Quantum diperkuat layar 3,8 inci, prosesor 1GHz, memori 8GB, slide-out keyboard, serta kamera 5MP dengan kemampuan HD. Yang menarik, pengguna dapat streaming video dari TV/PC lewat konektivitas DLNA. Harga di AS US$199, tapi terikat kontrak dengan operator AT&T.


LG Optimus 7

Ponsel batangan berlayar LCD 3,8 inci, prosesor Snapdragon 1GHz, kamera 5MP dengan lampu kiilat LED, memori 16GB, bluetooth, accelerometer, proximity sendor, ambient light sensor, A-GPS, dan WiFi. Kameranya bisa merekam video HD 720p dan terdapat fitur Augmented Reality. Baterainya berkapasitas 1500mAh. Rilis November 2010, harga belum diketahui.


Dell Venue Pro

Belum banyak informasi detail tentang satu-satunya ponsel Dell ber-Windows Phone 7 saat ini. Baru diketahui mempunyai layar kapasitif multi-touch AMOLED berukuran 4,1 inci dan keyboard geser QWERTY mirip BlackBerry Torch. Belum diketahui pula waktu rilis, juga harganya.


HTC HD7

Ponsel berlayar lebar – 4,3 inci – dengan resolusi 480x800 dan memiliki kemampuan pinch-to-zoom. Prosesornya 1GHz dengan RAM 572MB, ditambah memori internal 8GB (Eropa) atau 16GB (Asia). Kamera 5MP dilengkapi dual LED flash dan fasilitas autofokus, juga bisa merekam video HD. Konektivitasnya lengkap, mulai 3G, EDGE, dan WiFi.


HTC Surround

Sesuai namanya, ponsel yang satu ini lebih mengedepankan fungsi multimedia dengan kualitas suara Dolby Mobile dan SRS Surround. Memiliki layar 3,8 inci, prosesor 1GHz dengan RAM 448MB, memori internal 16GB, kamera 5MP dengan flash, autofokus, dan kemampuan merekam video HD. Sayang, baterainya hanya 1230mAh. Harga di AS US$199.


HTC 7 Pro

Layar sentuhnya hanya berukuran 3,6 inci, tapi memiliki keyboard geser dalam posisi landscape. Prosesornya 1GHz, RAM 448MB, dan memori internal 8GB. Ada juga kamera 5MP dengan autofokus dan lampu kilat, serta kemampuan merekam video HD. Untuk konektivitas, ada port microUSB, bluetooth, 3G, GPRS, EDGE, dan WiFi. Ketersediaan dan harga belum diketahui.


HTC Mozart

HTC Mozart memiliki layar sentuh Super LCD 3,7 inci, prosesor Snapdragon 1GHz, RAM 576MB, dan memori 8GB. Yang istimewa, terdapat kamera 8MP dengan kemampuan rekaman video HD serta speaker berkualitas Dolby Sound. Konektivitas dilengkapi Bluetooth, WiFi, dan GPS. Direncanakan rilis 8 November di AS, tapi harganya belum diketahui.


HTC Trophy

Produk ini dipasarkan khusus bagi konsumen di UK (United Kingdom) dan dirancang sebagai ponsel entry-level. Layarnya 3,8 inci, prosesor 1GHz, 576MB RAM, memori internal 8GB, serta kamera 5MP berfasilitas HD. Di Inggris sana, HTC Trophy dijual cuma-cuma, tapi pembeli terikat kontrak dengan Vodafone selama dua tahun dengan biaya langganan minimal GBP25 (sekitar Rp350.000) per bulan.



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer