Tragedi Black Screen of Death Windows 7

Belum genap dua bulan sistem operasi "gres" besutan Microsoft ini dirilis, sudah ada laporan yang menyebutkan bahwa muncul masalah black screen pada beberapa PC pengguna Windows. Laporan tersebut diperoleh Microsoft dari vendor keamanan bernama Prevx.

Laporan tersebut disampaikan pada tanggal 10 November 2009. Di sana disebutkan kalau update keamanan Windows telah mengubah Access Control List (ACL) di registry, alhasil membuat software tidak dapat berjalan dengan baik.

Ciri-ciri kesalahan tersebut mengakibatkan layar menjadi berwarna hitam (blackscreen) atau lebih dikenal sebagai "black screen of death", disamping istilah "blue screen of death" yang biasa tampil ketika sistem mengalami crash.

Dalam forum sosial di situs technet, disebutkan bahwa 4 pengguna PC bersistem Windows 7 juga sempat mengalami masalah black screen setelah melakukan login. Masalah lainnya adalah Windows XP tidak kompatibel dengan PC yang menggunakan video card ATI Radeon HD 2400-series, alhasil komputer tidak dapat berjalan normal.

"Sejauh ini, Microsoft sedang menginvestigasi laporan mengenai persoalan di beberapa customer," jelas Christopher Budd (Microsoft security response communications lead). Selanjutnya, setelah Microsoft melengkapi investigasi, maka akan disediakan panduan lengkap mengenai bagaimana mencegah kasus black screen of death ini. Sementara itu, update keamanan dari Microsoft akan dirilis pada 8 Desember mendatang. (Indah PM/PCWorld)



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer