TIPS MENJADI PENDENGAR YANG BAIK

Betapa sukarnya menjadi pendengar yang baik, karena ada orang yang sekedar mendengar dan yang benar-benar mau mendengar. Seorang siswa yang duduk dikelas mendengarkan gurunya berbicara didepan kelas, dan siswa tersebut mau mendengarkan karena hal tersebut berguna untuk ujian mendatang; namun diluar kelas seorang penumpang mendengar orang berteriak menawarkan sebuah Koran kepada penumpang bis. Apa jadinya, bila keadaan diatas dibalik, menjadi sang siswa hanya sekedar mendengar gurunya berbicara dan sang penumpang mendengarkan (mau mendengar) sang penjual Koran berteriak. Maka sepulang dari sekolah sang siswa tak benar-benar mengerti apa yang dibicarakan gurunya; dan seturun dari bis sang penumpang hafal betul apa yang tadi diteriakkan oleh sang penjual Koran. Inilah, mengapa orang sering gagal karena tidak dapat menjadi pendengar yang baik. Oleh sebab itu kalau Anda ingin menjadi pendengar yang baik, Anda harus benar-benar mau mendengar. Ada 6 ketrampilan untuk menjadi pendengar yang baik:

1. Pandanglah Si Pembicara
Fokuslah pada lawan bicara Anda, karena proses mendengarkan yang prioritas adalah memberikan perhatian yang tak terbagi-bagi oleh kegiatan lainnya.


2. Jangan Menyela atau Menginterupsi
Ada beberapa orang yang sangat tak suka pembicaraanya disela atau diinterupsi oleh lawan bicaranya. Jangan lupa segan untuk memberikan waktu pada lawan bicara Anda, karena Anda jangan pernah merasa bahwa salah satu dari Anda harus berbicara terus. Karena pasti ada waktu hening yang dapat kita gunakan untuk berbicara.


3. Berfokus Pada Pemahaman
Betapa orang cepat melupakan hal-hal yang mereka dengar! Jadi mendengar yang efisien tidak hanya syarat dengan sekedar mendengar kata-kata yang disampaikan. Namun Anda dituntut untuk menemukan makna dan pemahaman akan apa yang sedang diucapkan lawan bicara Anda


4. Tangguhkan Penilaian Anda
Hampir semua orang terburu-buru manarik kesimpulan dan menyampaikannya pada saat sang pembicara belum selesai berbicara. Karena hal ini mengakibatkan, Anda mungkin kehilangan hal penting yang ingin mereka sampaikan.


5. Ajukan Pertanyaan Untuk Mendapat Penjelasan
Kalau Anda ingin menjadi pendengar yang efektif , jadilah reporter yang baik – bukan reporter yang kaku, melainkan seorang reporter yang lembut mengajukan pertanyaan dan meminta penjelasan.


6. Jadikan Kegiatan Mendengar Sebagai Prioritas
Hal terakhir, adalah menanamkan ketrampilan mendengar Anda sebagai prioritas, tanpa memandang seberapa sibuknya Anda atau seberapa tinggi jabatan Anda. Jangan jadi orang yang eksklusif tetapi jadilah orang yang bijaksana.

Penulis : Randy Ariatedja - Peserta Content Contest 2009



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer