Mobil Paling Laris 2009 di Indonesia



(inilah.com /Wirasatria)

INILAH.COM, Jakarta - Avanza dan Xenia masih menjadi mobil terlaris sepanjang tahun 2009. Bahkan sejak diluncurkan pada 2004 lalu, kedua produk ini menjadi kontributor terbesar pendapatan PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

"Penjualan Avanza tahun ini melebihi perolehan penjualan tahun lalu dengan pencapaian lebih dari 90.000 unit untuk periode Januari-November. Ini menjadikan Avanza sangat fenomenal karena satu-satunya yang penjualannya terus naik dari tahun ke tahun," ujar Direktur Pemasaran PT TAM Joko Trisanyoto, disela acara Media Year End Gathering, Selasa (22/12), di Sisha Cafe, Kemang, Jakarta.

Hingga bulan November 2009 ini, Avanza masih menjadi kontributor terbesar bagi TAM. Toyota Avanza yang baru-baru ini hadir dengan varian automatic untuk type mesin 1.300cc ini, semakin membuktikan bahwa konsumen Indonesia mayoritas berada di kelas Rp 100 juta hingga Rp 150 juta. Ini bisa dibuktikan dengan Avanza yang terus memimpin dengan total penjualan hingga November 2009 sebesar 91.321 unit, meraih pangsa pasar 52,5% untuk segmen mobil penumpang.

Tak jauh berbeda dengan Xenia. Saudara kembar Avanza ini tetap menjadi tulang punggung PT ADM. Sepanjang November penjualan Daihatsu Xenia mencapai 4.322 unit. Secara total, penjualan Daihatsu Xenia sepanjang sebelas bulan di tahun 2009 ini telah mencapai 36.981 unit di seluruh Indonesia.

PT ADM dan PT TAM baru-baru ini merilis Xenia dan Avanza Matic sebagai salah satu cara untuk membuktikan keberadaan mobil keluarga ini tetap eksis sekaligus memenuhi kebutuhan dan kemudahan mengendarai mobil di dalam kota.

Selain itu, Avanza dan Xenia semakin diakui eksistensinya di komunitas otomotif tanah air karena eratnya hubungan antar anggota. Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC) menjadi salah satu klub otomotif paling aktif di tanah air. Pada penganugerahan SWA Brand of Choice by Community 2009 di Jakarta, Selasa (1/12), Toyota meraih posisi puncak preferensi merek terpopuler di antara komunitas pelanggan. Melalui riset SWA yang dilakukan pada 1-15 September 2009, Toyota meraih peringkat pertama terbaik dari 37 brand yang ikut dilombakan.

Bagaimana tahun 2010? Kalau belum ada kompetitor yang bisa menyainginya, Avanza dan Xenia masih akan menduduki 'tahta' penjualan otomotif nasional. [Tom]



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer