Tips Perawatan Laptop, Agar Laptop Awet


Bagi sebagian kalangan memiliki perangkat teknologi seperti laptop / notebook, kini merupakan bagian kebutuhan penunjang dalam kegiatan sehari-harinya. Untuk kalangan pebisnis, sudah jadi hal yang wajib dimilikinya. Sedangkan untuk sebagian lainnya loptop/notebook ini menjadi bagian gaya hidup modern.
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi laptop / notebook ini telah menggeser fungsi PC (Personal Computer). Orang lebih cenderung memilih yang lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana pada saat dibutuhkan. Meskipun dalam kenyataannya, laptop ini lebih rentan rusak dari pada PC.
Oleh karena itu, cara paling aman agar perangkat laptop ini tidak cepat rusak, harus tahu cara-cara untuk menjaga dan merawatnya. Jangan sampai laptop yang baru beberapa hari kita beli, sudah rusak karena kita tidak bisa merawatnya.

Sekedar berbagi, kini kami sampaikan informasi mengenai tips/cara perawatan perangkat laptop/notebook yaitu :

  • Tidak meletakan laptop/notebook dekat dengan sumber magnet, seperti TV, active speaker, radio tape, karena medan magnet akan mempengaruhi komponen yang ada di dalam laptop/notebook.
  • Gunakan tas khusus, agar casing laptop terhindar dari goresan benda-benda disekitarnya.
  • Tidak memindah-mindahkan laptop/notebook dalam keadaan menyala, karena bisa menyebabkan head harddisk menggores cylinders yang bisa berakibat fatal.
  • Letakkan laptop pada posisi mendatar / jangan miring, apalagi pada saat menyala, karena hal ini bisa menyebabkan posisi harddisk tidak pada posisi yang benar.
  • Simpan laptop di tempat yang suhunya tidak ekstrim. Jangan sekali-kali meninggalkan laptop di mobil yang sedang parkir di tempat panas, karena suhu panas yang berlebihan bisa merusak komponen yang ada didalamnya. Selain itu juga bisa menyebabkan ledakkan pada baterai laptop yang terbuat dari lithium yang rentan dengan suhu yang panas.
  • Tidak menyalakan laptop diatas tempat yang empuk. Hal ini bisa menghambat panas untuk keluar, sehingga laptop lebih cepat panas.
  • Bersihkan layar LCD dengan kain lembut dan kering secara perlahan. Gerakan lap/kain ke satu arah saja, jangan menekan layar terlalu keras, karena LCD dibentuk oleh cairan Kristal (untuk menampilkan gambar), yang permukaannya tipis dan rapuh.
  • Bersihkan keyboard dengan vacuum cleaner atau semprotkan udara di atas sela-selanya. Jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras.
  • Hati-hati pada saat membuka dan menutup layar laptop, karena anatara LCD dan CPU terdapat engsel yang berfungsi agar LCD dapat bergerak bebas sesuai dengan kemiringan yang diinginkan.
  • Jika akan menyimpan laptop dalam waktu cukup lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan di tempat yang sejuk dan kering serta sirkulasi udaranya cukup baik, agar terhindar dari jamur.

Demikian beberapa tips parawatan laptop / notebook, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer