Lightning Benz Kendaraan Tercepat 100 Tahun Lalu


Lightning Benz Kendaraan Tercepat 100 Tahun Lalu
SEABAD LALU tepatnya pada 9 November 1909, mobil Benz bertenaga 200hp menjadi mobil pertama yang menembus batas kecepatan 200km/jam yang ditorehkan oleh Victor Hemery. Mobil yang diberi nama 'Lightning Benz' ini mencatatkan sejarahnya di trek beton di Brooklands, Inggris.

Setelah sekitar 800 meter dari titik start, Hemery mencatat kecepatan rata-rata 205,666km/jam dan 202,648km/jam sejauh 1km berikutnya. Untuk mencapai jarak 1km, Hemery membutuhkan waktu 31,326 detik dan menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh mobil Darracq.

Lightning Benz menjadi daya tarik internasional saat ia terus mencetak rekor baru. Pada 23 April 1911, Bob Burman membawa kendaraan ini ke Daytona Beach, Amerika Serikat dan membukukan kecepatan rata-rata 228,1km/jam. Sebuah rekor baru kecepatan di darat saat itu yang tak terkalahkan hingga 1919.

Kendaraan ini memang dirancang khusus untuk upaya memecahkan rekor kecepatan. Untuk keperluan itu, Benz menggunakan mesin raksasa berkapasitas 21,5 liter (21.500cc) yang membuat kendaraan ini memiliki tenaga yang tak tertandingi.

Brooklands

Brooklands dianggap sebagai induk dari semua trek balap untuk mobil dan motor serta merupakan sirkuit pertama yang dibuat secara eksklusif untuk keperluan balap kendaraan bermotor. Upaya pemecahan rekor dilakukan di sirkuit ini sejak 1907 hingga 1939. Selain itu, Brooklands merupakan tempat kelahiran industri penerbangan Inggris yang tumbuh di sekitarnya.

Saat ini sisa-sisa lintasan balap dan museum Brooklands memastikan situs tersebut tetap hidup dalam kenangannya. Situs ini akhirnya dikelola oleh Daimler AG sebagai induk dari merek Mercedes-Benz, Maybach dan smart.

Victor Hemery

Victor Hemery adalah salah satu pembalap paling sukses di tahun-tahun awal balap Grand Prix sebelum pecah Perang Dunia I. Pria yang lahir di Brest, Prancis pada 18 November 1876 ini dilatih sebagai seorang montir dan bekerja pada Leon Bollee dari 1895 hingga 1900 sebelum pindah ke Darracq sebagai kepala di bagian pengujian kemudian menjadi pembalap mulai 1900 hingga 1906.

Tahun 1907 Hemery bergabung di Benz & Cie sebagai pembalap dan pada 1908 ia mengawal Benz pada kemenangan di ajang balap St Petersburg, Moscow dan finis kedua di Grand Prix Prancis di belakang Christian Lautenschlager dengan Mercedes-nya dan di depan Rene Hanriot yang juga menggunakan Benz.

Ironisnya, Victor Hemery tewas bukan di dalam mobil maupun di trek balap, melainkan bunuh diri pada 8 September 1950 di usianya yang ke-74. Ia menjalani sisa hidup dalam keadaan miskin di Le Mans, Prancis.

credit: autoworld.com

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer